cara tips memperbaiki cartridge canon

cara memperbaiki cartridge canon - printer canon memang menjadi salah satu pilihan bagi anda pengguna printer karena di samping printer ini memiliki harga yang tidak telalu mahal, printer ini juga handal untuk di gunakan sehari hari. Ketika anda sedang melakukan aktifitas print atau mencetak pasti sangat menyebalkan jika tiba tiba hasil printer anda bergaris atau bahkan tinta printer anda tidak keluar. Penyebabnya bias saja tinda dalam cartridge sudah habis, dan kemungkinan terburuk adalah terjadi kerusakan pada head printer anda sehingga hasil printer bergaris atau tidak keluar sama sekali. Jangan khawatir anda bias mencoba cara ini sebelum anda membeli katridge baru atau membawa ke tukang service printer.

Cara memperbaiki cartridge canon


Berikut ini adalah cara memperbaiki cartridge canon yang rusak. Cara ini bias anda gunakan pada berbagai cartridge printer canon seperti cartridge PG 40 dan CL 41, cartridge PG 830 dan CL 831, cartridge PG 810 dan CL 811.

Cara Perbaiki Head Cartridge printer Canon yang Rusak
Sebelum anda mengetahui cara memperbaiki head cartridge yang rusak ada baiknya anda mengetahui penyebab head cartridge rusak :
  1. Tinta mengering.  Tinta yang mengering dapat mengakibatkan penyumbatan pada head
  2. Masukknya debu kedalam tinta sehingga kotoran yang masuk ke dalam tinta dapat menyumbat nozzle head
  3. Head panas, hal ini biasanya di sebabkan karena printer di paksa bekerja terus tanpa ada waktu istirahat,
  4. Head printer tergores oleh benda keras atau akibat gesekan

Tips memperbaiki cartridge canon


Head cartridge rusak yang masih bisa diperbaiki yaitu : head cartridge yang tersumbat baik oleh tinta yang mengering atau kotoran semisal debu yang masuk bercampur tinta. Solusi penangan tergantung kondisi kerusakan head cartridge, dari yang ringan sampai yang berat. Gejala penyumbatan cartridge tentu saja ditandai dengan tidak keluarnya tinta dengan sempurna saat mencetak.
Penyumbatan pada head cartridge yang rusak tidak keluar tintanya di bagi menjadi berikut :
  • Penyumbatan ringan : kalau terjadi penyumbatan ringan dapat anda perbaiki dengan melakukan cleaning menggunakan seoftware bawaan printer, kalau masih belum membaik anda bisa melakukan deep cleaning. 
  • Penyumbatan sedang : kalau terjadi penyumbatan sedang anda dapat menggunakan alat bantu yaitu toolkit penyedot cartridge. Alat ini bias anda dapatkan di toko computer terdekat.
  • Penyumbatan berat : kalau terjadi penyumbatan berat pada cartridge anda dapat menggunakan cairan cleaner yang bisa anda dapatkan di toko computer terdekat. Lamanya perendaman tergantung berat tidak nya kerusakan minimal perendaman adalah 15 menit atau bisa jadi dilakukan perendaman selama seharian. Bisa juga di kombinasikan dengan menggunakan tool kit penyedot catidge.
  • Penyumbatan extra berat : kalau terjadi penyumbatan extra berat salah satunya cara adalah dengan membawa ke tukang service printer atau kalau tidak solusi terakhir adalah dengan membeli katridge printer baru.
demikian artikel saya kali ini tentang cara memperbaiki cartridge canon semoga bermanfaat.

Bagikan ke

Artikel Menarik Lainya