Cara membuat donat yang benar

Cara Membuat Donat - Sudah pernah merasakan bagaimana enaknya donat milik Dunkin Donuts kan, terkadang kita pasti ingin tahu cara membuat donat enak dan empuk itu seperti apa, dan tulisan ini semoga bisa bermanfaat buat anda yang ingin membuat donat.

Donat adalah sebuah kue yang pada awal terciptanya secara tidak sengaja oleh seseorang di Amerika Serikat sana, ada pula yang menyebutkan bahwa awal pembuatan donat adalah untuk mempercepat memasak sebuah kue yang tak kunjung matang, maka dilubangilah ditengah kue tersebut, tak disangak ternyata kue tersebut memiliki cita rasanya yang enak.

Baik, berikut adalah cara membuat donat, silahkan disimak.

Hal pertama yang dipersiapkan dalam membuat donat adalah bahan-bahan pembuatannya, sama seperti membuat atau memasak sesuatu, tapi disini kita tidak perlu ribet akan bahan-bahan ini karena bahan untuk membuat donat sangat mudah untuk ditemukan di pasar atau supermarket.

Bahan-bahan membuat donat :
Cara membuat donat yang benar

  • 500 gram tepung terigu cakra kembar
  • 500 gram tepung terigu segitiga biru

Mengapa harus menyediakan 2 jenis tepung terigu namun berberda merek? nanti akan dibahas dibawah.

  • 250 gram mentega
  • 250 gram gula halus
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm fermipan
  • 1 sdm baking powder
  • 4 butir kuning telur2 gelas susu segar
Berikut Proses Pembuatannya

1. Buat sebuah adonan dari campuran kedua tepung terigu beda merek tersebut, baking powder, fermipan, garam. aduk semua bahan tersebut hingga rata. tujuan menggunakan 2 merek tepung terigu adalah karena kedua tepung tersebut memiliki kelebihan tekstur yang berbeda beda jadi ketika keduanya dicampur maka akan mendapatkan bahan kue yang baik, nah setelah semua sudah tercampur rata buat sebuah ruang didalam campuran itu, ruang di dalam campuran nantinya akan diisi oleh bahan lain.

2. Kocok telur yang dicampur dengan gula yang telah dipersiapkan tadi hingga mengembang. kemudian masukkan dan campurkan ke dalam campuran tepung tadi yang dibuat, masukkan adonan ke dalam ruang kemudian sedikit demi sedikit dicampur, sambil mengaduk isi dengan sedikit demi sedikit masukkan margarine, kemudian susu, jangan dicampur secara bersamaan untuk menghindari adonan jadi menggumpal. sampai semua bahan tercampur leni sampai adonan kalis

3. Adonan yang telah jadi selanjutnya di pukul-pukul datau dibanting-banting untuk mendapatkan hasil adonan yang halus.

4. Cara terakhir adalah tutup adonan dengan lap basah (jangan terlalu basah) setidaknya sampai 30 menit. setelah 30 menit kempiskan adonan dengan menekan nekan adonan. setelah jadi, ambil beberapa atau sesuai selera untuk membuat sebuah donat, jangan pula untuk memberikan lubang ditengah-tengahnya. diamkan sesaat, kemudian buat lagi sampai semuanya selesai baru di goreng dengan api yang sedang sampai kuning kecoklat-coklatan.

Nah, sampai disana anda telah sukses membaut sebuah donat sendiri. anda bisa berkreasi dengan membubuhi sesuatu diatasnya bisa menggunakan ceres atau gula, atau apapun sesuai selera anda.

Bagikan ke

Artikel Menarik Lainya